Rabu Pekan Prapaskah I, 24 Februari 2021

Yun 3: 1-10 + Mzm 51 + Luk 11: 29-32

 

 

Lectio

Ketika orang banyak mengerumuni-Nya, berkatalah Yesus: "Angkatan ini adalah angkatan yang jahat. Mereka menghendaki suatu tanda, tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus. Sebab seperti Yunus menjadi tanda untuk orang-orang Niniwe, demikian pulalah Anak Manusia akan menjadi tanda untuk angkatan ini. Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama orang dari angkatan ini dan ia akan menghukum mereka. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengarkan hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo! Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan mereka akan menghukumnya. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat waktu mereka mendengarkan pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!"

 

Meditatio

'Seperti Yunus menjadi tanda untuk orang-orang Niniwe, demikian pulalah Anak Manusia akan menjadi tanda untuk angkatan ini', tegas Yesus kepada banyak orang yang meminta tanda. Apa kurang hebat tanda-tanda yang diberikan Yesus kepada mereka selama ini? Yesus pun tidak mempertemukan dan mempertentangkan antara mereka yang mengakui tanda-tanda yang diberikanNya dengan mereka yang menolakNya. Yesus tidak menggunakan kesempatan untuk mencari diri. Semua perilaku mereka hanya mengungkapkan ketidakpercayaan mereka pada Yesus, sang Guru.

Yesus adalah Tanda keselamatan. Dialah Sakramen bagi umat manusia.

 'Pada waktu penghakiman, ratu dari Selatan itu akan bangkit bersama orang dari angkatan ini dan ia akan menghukum mereka. Sebab ratu ini datang dari ujung bumi untuk mendengarkan hikmat Salomo, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Salomo! Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan mereka akan menghukumnya. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat waktu mereka mendengarkan pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!'. Yesus secara tegas bahwa diriNya melebih Yunus dan Salomo, karena kemampuan yang ditampilkan Yunus dan Salomo sebatas manusia-ilahi, manusia yang diutus oleh Allah untuk mewartakan sabda dan kebenaran. Yesus tidak meremehkan mereka. Yesus memang menjadikan segalanya baik adanya, tetapi lebih dari itu, Dia hendak menyatakan bahwa diriNyalah Jalan, Kebenaran Hidup, yang mana tanpa melalui Dia tidak ada orang sampai kepada Bapa, sampai pada keselamatan.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau tidak menebarkan kemegahan dan keagungan diri ketika mewartakan sabda dan kehendak Bapa. Malah Engkau pada akhirnya mau menyerahkan diri di kayu salib. Ajarilah kami menemukan Engkau dalam keheningan dan kesederhanaan, dalam peristiwa hidup sehari-hari. Amin.

 

Contemplatio

'Anak Manusia akan menjadi tanda untuk angkatan ini', bagi kita semua.








Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016