Sabtu Pekan Prapaskah I, 27 Februari 2021

Ul 26: 16-19 + Mzm 119 + Mat 5: 43-48

 

 

Lectio

Suatu hari berkatalah Yesus: 'kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar. Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian? Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allah pun berbuat demikian? Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna'.

 

Meditatio

Ajakan Yesus hari ini: 'haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna'¸mengingatkan dan menegaskan, bahwa kita bisa menjadi sempurna seperti Bapa di surga. Kita tidak bisa menjadi Bapa memang, tetapi kita bisa menjadi sama seperti Bapa. Ajakan ini melebihi janji Tuhan Allah sendiri, yang membuat setiap orang sebagai umat kesayanganNya dengan berpegang pada segala perintahNya (Ul 26).

Kita bisa sempurna seperti Bapa, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar, asalkan berani mengasihi sesame tanpa memandang muka, sebagaimana dicontoh-konkrit Yesus: mengasihi musuh dan berdoa bagi mereka yang menganiaya dan memberi salam tidak hanya kepada saudara-saudari saja.

Tuhan Yesus mengundang kita semua menjadi serupa dengan Bapa di surga, tetapi sepertinya tetap memungkinkan kita menjadi dua bagian kelak di akhir jaman, yakni sebagai kawanan domba dan kawanan kambing.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau memberi kesempatan kepada kami untuk menjadi sempurna sebagimana Bapa di surga. Semoga kami semakin hari semakin bersemangat dalam mengikuti perintah-perintahMu. Amin.

 

Contemplatio

Bapa di surga menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.

 








Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016