Senin Pekan Biasa VI, 15 Februari 2021

Kej 4: 1-15 + Mzm 50 + Mrk 8: 11-13

 

 

Lectio

Suatu hari muncullah orang-orang Farisi dan bersoal jawab dengan Yesus. Untuk mencobai Dia mereka meminta dari pada-Nya suatu tanda dari sorga. Maka mengeluhlah Ia dalam hati-Nya dan berkata: "Mengapa angkatan ini meminta tanda? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kepada angkatan ini sekali-kali tidak akan diberi tanda." Ia meninggalkan mereka; Ia naik pula ke perahu dan bertolak ke seberang.

 

Meditatio

Suatu hari muncullah orang-orang Farisi dan bersoal jawab dengan Yesus. Untuk mencobai Dia mereka meminta dari pada-Nya suatu tanda dari sorga. Apa alasannya? Apakah ingin minta bukti surga itu ada atau tidak? Apakah mereka ingin tahu apa isinya surga itu? Mereka mungkin meragukan pengajaran Yesus. Maka mengeluhlah Ia dalam hati-Nya dan berkata: 'mengapa angkatan ini meminta tanda? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kepada angkatan ini sekali-kali tidak akan diberi tanda'. Yesus tidak menanggapi kedegilan hati dan ketidakpercayaan umatNya. Namun sebaliknya Dia selalu memperhatikan kerinduan orang-orang yang dikasihiNya. Ia meninggalkan mereka; Ia naik pula ke perahu dan bertolak ke seberang.

Sebagai orang-orang yang percaya kepada Yesus Tuhan, dan bahkan sudah banyak menerima rahmat dan berkat daripadaNya, janganlah kita berani-beraninya meminta tanda belaskasih daripadaNya, kalau kita sedang menghadapi aneka kesulitan dan persoalan hidup; atau sepertinya kapal kita dibiarkan mau tenggelam, sedangkan Yesus tertidur (Luk 8). Janganlah bersungut-sungut seperti Kain yang hatinya panas dan muka muram, karena persembahannya tidak diindahkan Tuhan (Kej 4). Amatlah tepat kalau kita berseru seperti orang kusta kemarin jika Engkau mau, Engkau pasti dapat menolong aku.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau selalu memperhatikan keluhan umatMu, tetapi sebaliknya Engkau tidak segan-segan mengabaikan mereka yang tidak mau percaya kepadaMu, malahan selalu mencari pembenaran dalam hidupnya. Semoga kami ini semakin menyadari merundukkan diri di hadapanMu dengan setia. Amin.

 

Contemplatio

'Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kepada angkatan ini sekali-kali tidak akan diberi tanda'. Semoga hal ini tidak dikatakan kepada kerinduan hati kita.








Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016