Senin Pekan Prapaskah II, 1 Maret 2021

Dan 9: 4-10 + Mzm 79 + Luk 6: 36-38

 

 

Lectio

Suatu hari Yesus bersabda: 'hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati. Janganlah kamu menghakimi, maka kamu pun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamu pun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni. Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu'.

 

Meditatio

Orang yang murah hati itu tidak pelit. Dia berani memberi dan memberi tanpa mengharapkan imbalan. Malahan Yesus mengajak para muridNya, kita semua: 'hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati'. Malahan ukuran ilahi yang dikenakan Yesus kepada para muridNya.  'Janganlah kamu menghakimi, menghukum, sebaliknya ampunilah dan berilah'. Hanya orang yang murahhati memang yang berani mendahului berbuat baik kepada sesamanya. Mursh hati adalah sikap yang tepat dalam hidup bersama, 'sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu'.

Hidup Yesus menunjukkan sikap murah hati. Sulitkah kita menemukan sikap Yesus yang murah hati? Apakah sulit kita temukan, karena tidak pernah merasakannya? Karya penebusan Kristus Tuhan adalah bukti nyata kemurahanhatiNya yang tidak tertandingi siapapun juga. Prapaskah adalah ajakan untuk bersikap seperti Yesus.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau mengundang kami untuk bersikap murah hati seperti Bapa di surga. Engkau mengajak kami, karena Engkau ingin agar kami menjadi saluran berkat bagi sesame. Semangatilah kami agar kami tidak henti-hentinya berusaha menjadi orang-orang yang murah hati seperti Engkau sendiri. Amin.

 

Contemplatio

'Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati'.








Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016