Hari Raya Santo Yosef, 19 Maret 2021

2Sam 7: 4-5 + Rom 4: 13-18 + Luk 2: 41-51

 

 

Lectio

Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus. Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri. Karena Yusuf suaminya, seorang yang tulus hati dan tidak mau mencemarkan nama isterinya di muka umum, ia bermaksud menceraikannya dengan diam-diam. Tetapi ketika ia mempertimbangkan maksud itu, malaikat Tuhan nampak kepadanya dalam mimpi dan berkata: "Yusuf, anak Daud, janganlah engkau takut mengambil Maria sebagai isterimu, sebab anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus. Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka." Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya,

 

Meditatio

Mengapa Yesus dikandung dari Roh Kudus, sebagaimana dikatakan oleh malaikat sendiri 'Anak yang di dalam kandungannya adalah dari Roh Kudus?'. Karena memang itulah kehendak Allah, sebagaimana dituliskan dalam kitab kedua Samuel: 'Aku akan membangkitkan keturunanmu yang kemudian, anak kandungmu, dan Aku akan mengokohkan kerajaannya. Dialah yang akan mendirikan rumah bagi nama-Ku dan Aku akan mengokohkan takhta kerajaannya untuk selama-lamanya. Aku akan menjadi Bapanya, dan ia akan menjadi anak-Ku' (2Sam 7). Kelahiran Yesus 'bukanlah keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah' (Yoh 1). Bila Yesus lahir dari keinginan laki-laki, tentunya Allah tidak akan bisa mengklaim segala yang dikerjakan Yesus adalah kehendakNya. Demikian Yesus pun tidak akan berkata-kata: Aku datang hanya untuk melakukan kehendak Dia yang mengutus Aku; Dia tidak mampu melakukan segala kehendak Allah, karena dibatasi oleh kodrat manusia melalui santo Yosef.

Namun Allah sepertinya harus merunduk kepada Yosef untuk 'mengambil Maria sebagai isteri' (Mat 1). Sebab Yesus pertama kali lahir dalam hati Maria, tetapi Yesus masuk dalam sejarah manusia ketika bersama Yosef. Dia dilahirkan dan bukan dijadikan, iman kepercayaan kita. Kesiapsiagaan Maria membuat Yesus masuk dalam rahim Maria, sedangkan kesiapsiagaan Yosef, 'mengambil Maria sebagai isterinya', membuat Yesus masuk dalam silsilah raja Daud, masuk ke dalam dunia nyata.  

Atas permintaan sang Empunya kehidupan, walau tak dimengertinya, Yosef mengaminiNya. Kehadiran Allah sungguh-sungguh Imanuel, Allah beserta kita, berkat santo Yosef. Pesta santo Yosef menantang kita untuk selalu terbuka akan kehendak Allah, yang seringkali sulit kita menegerti.

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkau sungguh hadir dalam sejarah dunia, karena keberanian santo Yosef yang mengikuti kehendakMu sejak semula. Semoga kami pun berani mengamini sabdaMu yang meneylamatkan itu.

Santo Yosef, bantulah dan doakanlah kami, agar setia seperti engkau. Amin.

 

Contemplatio

Sesudah bangun dari tidurnya, Yusuf berbuat seperti yang diperintahkan malaikat Tuhan itu kepadanya. Ia mengambil Maria sebagai isterinya,








Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016