Malam Paskah, Upacara Cahaya, 3 April 2021

Kel 14 + Rm 6: 3-11 + Mrk 16: 1-7

 

 

Lectio

Setelah lewat hari Sabat, Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus, serta Salome membeli rempah-rempah untuk pergi ke kubur dan meminyaki Yesus. Dan pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu, setelah matahari terbit, pergilah mereka ke kubur. Mereka berkata seorang kepada yang lain: "Siapa yang akan menggulingkan batu itu bagi kita dari pintu kubur?" Tetapi ketika mereka melihat dari dekat, tampaklah, batu yang memang sangat besar itu sudah terguling. Lalu mereka masuk ke dalam kubur dan mereka melihat seorang muda yang memakai jubah putih duduk di sebelah kanan. Mereka pun sangat terkejut, tetapi orang muda itu berkata kepada mereka: "Jangan takut! Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini. Lihat! Inilah tempat mereka membaringkan Dia. Tetapi sekarang pergilah, katakanlah kepada murid-murid-Nya dan kepada Petrus: Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia, seperti yang sudah dikatakan-Nya kepada kamu."

 

Meditatio

Betapa kagetnya Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus, serta Salome ketika melihat makam sudah terbuka, dan lebih-lebih lagi ketika masuk ke dalam kubur, mereka melihat seorang muda yang memakai jubah putih duduk di sebelah kanan. Belum sempat mereka bertanya-tanya, pemuda itu berkata: 'jangan takut! Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini. Lihat! Inilah tempat mereka membaringkan Dia'. Kebangkitan Yesus ditunjukkan dengan ketiadaan jenasah di tempat dibaringkan.

Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus, serta Salome adalah orang-orang pertama yang merayakan Paskah Kristus, dan bukan para rasul. Semuanya itu terjadi, bukan di hari Sabat orang Yahudi, tetapi setelah lewat hari Sabat, yakni pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu. Malam ini, sudah bukan hari Sabtu, kita mau bersama-sama Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus, serta Salome merayakan Paskah, Kristus yang bangkit mulia. Kalau Paskah Perjanjian Lama membebaskan Israel dari perbudakan Mesir (Kel 14), Paskah Perjanjian Baru membebaskan seluruh umat manusia dari beban dosa dan memberikan keselamatan. Sebab memang Kristuslah Kebangkitan dan Hidup.

Paskah mengingatkan dan menegaskan, bahwa kita adalah orang-orang yang diselamatkan. Sebab bukankah 'kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya? Kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru. Sebab jika kita telah menjadi satu dengan apa yang sama dengan kematian-Nya, kita juga akan menjadi satu dengan apa yang sama dengan kebangkitan-Nya' (Rom 6).

 

Oratio

Yesus Kristus, Engkaulah Kebangkitan dan Hidup. Malam hari ini kami boleh merayakan puncak karya keselamatan iman kami, yakni kebangkitanMu yang mulia. Semoga kami menikmatiNya dengan penuh syukur, sehingga pada akhirnya kami hidup mulia bersamaMu di surga. Amin.

 

Contemplatio

Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit.

 








Oremus Inter Nos
Marilah Kita Saling Mendoakan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pesta Maria mengunjungi Elizabet

Mengenal Karmelit Awam dari dekat (2)

Pesta Santo Simon dan Yudas, 28 Oktober 2016